4 Tips Sederhana Menjaga Mata Tetap Sehat

Menurut Jessica Huwae, Javier “Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik maka teranglah tubuhmu, juga seluruh hidupmu.”

Yuuppss..

Mata adalah salah satu organ tubuh yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Menjaga kesehatan mata tidak harus menunggu memasuki usia lanjut. Semakin cepat sahabat EDC mulai rutin memelihara fungsi penglihatan, maka semakin cepat pula manfaat yang akan dirasakan.

Untuk menjaga kesehatan mata, sahabat EDC bisa melakukan beberapa tips dibawah ini:

1. Makan Makanan yang Sehat untuk Mata

Banyak mengkonsumsi makanan yg mengandung asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid dapat menjaga kesehatan mata anda. Seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain sebagainya.

2. Pakai Sunglass Ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Tidak hanya kulit yang harus dijaga pada saat berada di ruangan terbuka, mata pun demikian. Saat cuaca terik atau sedikit mendung sebaiknya sahabat EDC memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari. Dalam jangka panjang, radiasi sinar matahari dapat berisiko mengakibatkan katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), dan masalah mata lainnya.

3. Hindari Rokok

Selain dapat membahayakan kesehatan jantung dan paru – paru, rokok juga berdampak buruk bagi kesehatan mata. Perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi macula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Tidak jauh berbeda dengan perokok aktif, perokok pasif juga perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Kerana menjadi perokok pasif (secondhand smoker) sama berbahayanya seperti perokok aktif.

4. Rutin Cek ke Dokter Mata

Walaupun tidak memiliki keluhan tentang mata, rutin cek kesehatan mata diperlukan untuk mendeteksi apakah ada masalah tentang mata anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *